Kamis, 03 November 2011

ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN

ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN
(Studi Kasus di Bank Rakyat Indonesia Cabang Bengkulu)

RINGKASAN



Setiap Perusahaan atau Organisasi mempunyai karyawan yang memiliki kinerja yang baik sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, antara lain Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), dan Kecerdasan Spiritual (SQ). Faktor inilah yang diangkat penulis dalam penelitian ini. Dimana Kecerdasan Intelektual (X1), Kecerdasan Emosional (X2), Kecerdasan Spiritual (X3) dan Kinerja Karyawan (Y). Peneliti tertarik mengadakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Kecedasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Rakyat Indonesia (Cabang Bengkulu). Metode pengambilan data yaitu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan sebanyak 33 responden yang bekerja pada Bank Rakyat Indonesia (Cabang Bengkulu). Sedangkan analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, yang diperoleh sebagai berikut :
Y=0,423X1+0,116X2+0,295X3
Sedangkan jika dilihat dari F-hitung yang dihitung berdasarkan SPSS hasilnya menyatakan bahwa F-hitung 22,454 lebih besar dari F- tabel 3,32 pada alpha 0,05 (5%). Dengan demikian hipotesis yang dibuat sebelumnya dapat dibuktikan. Begitu 10 juga dengan hasil dari t-hitung sebesar 3,723, 1,752 dan 1,878 lebih besar dari t-tabel 1,692 pada alpha 0,05. Berarti dari hasil penelitian ini dapat dibuktikan bahwa kinerja karyawan Bank Rakyat Indonesia (Cabang Bengkulu) dipengaruhi oleh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ). Adapun saran yang dapat diberikan penulis yaitu bahwa manajemen perusahaan hendaknya dapat melakukan pelatihan problem solving, pelatihan peningkatan kemampuan karyawan dalam memahami kondisi orang lain, serta pelatihan yang dapat meningkatkan kesungguhan, kejujuran dan keterbukaan karyawan dalam menjalankan tugas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar